Selasa, 19 Juni 2012

GOOD SERVICE IS NOT ENOUGH


GOOD SERVICE IS NOT ENOUGH, GREAT SERVICE IS THE NEXT JOURNEY

Good service akan membuat satisfied customer, yaitu kepuasan dari
customer yang sesuai dengan harapan mereka. Great Service akan
menghasilkan delighted customer yang mendapatkan kepuasan lebih dari
apa yang mereka harapkan.
Customer puas umumnya akan datang kembali untuk membeli
produk atau servis Anda, tapi dengan delighted customer selain konsumen
akan datang lagi mereka akan menjadi duta perusahaan (ambassador) Anda
untuk menginformasikan kepada konsumen di sekeliling mereka. Mereka
antusias untuk dapat mengajak rekan dan kenalan mereka merasakan apa
yang telah mereka rasakan terhadap produk atau service Anda. Produk atau
servis Anda dapat mudah mencapai potential customer. Bukankah hal ini
menguntungkan ?
Secara proses, great service juga berpengaruh terhadap karyawan
perusahaan sehingga dapat membuat tim kerja yang baik dengan tingkat
kepuasan kerja yang tinggi.

From good to the great service
Ada inisiatif dan usaha yang harus dilakukan untuk meningkatkan level servis
perusahaan menjadi yang terdepan.

1. Mindset
Hal mendasar untuk menuju ke tingkatan great service adalah mindset
people dari level staf sampai dengan pemimpin perusahaan. Tekankan
bahwa perusahaan menuju pada great service. Paling sering terjadi atau
musuh utama dari tujuan great service adalah rasa cepat puas.

2. Collect your customer exception
”Complaint is a gift, so manage the complains”. Kumpulkan semua
komplain atau masukan yang datang dari para customer. Hal ini merupakan
modal baik untuk jadi great. Jangan lengah untuk terus mencari apa yang
dirasakan oleh para customer. Banyak perusahaan menjalankan customer
satisfaction survey, tapi perlu hati-hati karena tidak semua expectation dari
customer dapat ditangkap dalam survey tersebut.


3. Improve your service
Selalu mencari cara agar dapat meningkatkan service, expectation yang
telah didapat harus dijadikan bahan improvement. Selalu mencari cara baru
untuk dapat memberikan lebih. Jangan takut melihat kesulitan, anggaplah
sebagai tantangan. Ada yang spesial dalam proses improvement, yaitu
bagaimana perusahaan dapat mencari beberapa hal yang belum pernah
dilakukan konsumen. Apabila perusahaan sudah dapat mencapai tingkatan
ini maka perusahaan akan dapat memenangkan persaingan.

4. Standarize your improvement
Hal ini setelah improvement selesai dibuat maka sangat penting juga untuk
menjaganya agar tetap dijalurnya. Tahap ini dinamanakan standarisasi.
Langkah ini penting untuk menyamakan setiap standard sehingga tidak
tergantung kepada orang yang melayaninya.

5. Control your service level
Jangan lupa dalam setiap pelayanan atau proses apapun diakhiri dengan
kontrol yang baik. Penurunan level pelayanan bukanlah sesuatu yang dapat
ditolerir. Karena hal ini akan membuat semua usaha keras hilang dalam
sekejap. Dalam tahap ini banyak perusahaan menerapkan dan
mengkombinasikan dengan penerapan reward and punishment yang dapat
memotivasi.
Setelah menyelesaikan tahap di atas, untuk terus mencapai great service
lakukan kembali langkah pertama sehingga hal ini dapat membuat gap yang
jauh dari level produk atau pelayanan Anda dengan kompetitor. Karena semakin
lebar gap akan membuat para kompetitor sulit mengejar Anda dan konsumen
akan dapat melihat jelas kelebihan Anda dibanding kompetitor.



teguh.sastrowidjojo
tsetyono@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar